[03] Ilmu Sosial Dasar (ISD)

  • Bank Soal untuk Mata Kuliah ISD
    1. Jelaskan Pengertian dari ASIMILASI dan AMALGAMASI serta apa persamaan dan perbedaannya.
    2. Jelaskan Pengertian dari INDIVIDUALITAS dan AKTUALISASI DIRI serta apa persamaan dan perbedaannya.
    3. Jelaskan Pengertian dari UNIVERSALISASI dan PAROKIALISASI serta apa persamaan dan perbedaannya.
    4. Seorang Sarjana Lulusan Fakultas Pertanian bekerja di suatu daerah Pertanian (Tanaman dan Ternak). Dalam melaksanakan tugasnya harus membentuk Kelompok Tani/Ternak untuk wadah komunikasi bidang Pertanian sehingga nantinya dapat meningkatkan produksi pertaniannya dan Kesejahteraan anggotanya. Kemampuan apa yang harus dimiliki untuk keberhasilan tugas tersebut. Jelaskan.
    5. Adanya Pembangunan Desa, maka Hasil Rapat/Musyawarah Desa memutuskan Pelaksanaan Pelebaran Jalan Desa yang menuju ke Areal Pertanian serta Tidak ada ganti rugi bagi warganya yang terkena Program Pelebaran Jalan Desa tersebut. Namun Si A tetap bersikukuh tidak mengijinkan tanahnya digunakan untuk kegiatan tersebut tanpa adanya ganti rugi yang sebanding dengan luas tanah yang terkena program tersebut. Jelaskan Perilaku si A jika dilihat dari Pola Pribadinya.
    6. Apa yang Saudara Ketahui Tentang :
      1. Empiris                   C. Universal                E. Individualisme
      2. Aktualisasi diri       D. Kepribadian
    7. Apa yang Saudara Ketahui Tentang :
      1. Matang/dewasa     C. Kerabat                  E. Ilmu
      2. Poligami                   D. Pengetahuan
    8. Jelaskan Makna dari Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial.
    9. Sebutkan 5 masalah-masalah sosial yang menurut anda mengganggu lingkungan.
    10. Apabila ada Seorang Laki-laki yang menikah dengan Seorang Wanita B dan memiliki 3 orang anak. Namun dalam perjalanan kehidupannya si B meninggal dunia. Selanjutnya Laki-laki tersebut menikah lagi dengan Si C yang merupakan Adik dari Si B serta sekarang semua hidup dalam satu rumah. Jelaskan kedudukan keluarga tersebut.
    11. Seorang A dari Keluarga tidak mampu dan sejak dibangku sekolah selalu mendapat Ranking karena kemampuannya. Demikian juga setelah bekerja maka ia memperoleh jabatan yang tinggi berdasarkan keprofesionalannya. Namun si B adalah anak pemilik perusahaan, dimana walaupun dalam sekolah dan bekerja tidak begitu pandai, akan tetapi tetap memiliki jabatan yang tinggi. Jelaskan bagaimana pengembangan kedudukan kedua orang tersebut.
    12. Mengapa di Kota memiliki kemungkinan jumlah lapangan kerja yang lebih banyak jika dibandingkan dengan di Desa. Jelaskan.
    13. Apa yang Saudara Ketahui Tentang :
      1. Gotong royong                    C. Urbanisasi                      E. Metropolitan
      2. Kesetiakawanan sosial       D. Pelapisan Sosial
    14. Jelaskan 2 dasar Persekutuan hidup dan Kesatuan social antara masyarakat Desa dan Masyarakat Kota.
    15. Jelaskan Mengapa pelapisan social di masyarakat tidak bisa dihapuskan
    16. Sebuah Keluarga terdiri dari Ayah, Ibu dan 3 orang anak. Seorang Ayah bekerja sebagai Pengacara dan Ibu bekerja sebagai Wirausahawan yang selalu sibuk pada Usahanya. Anak Pertama Kuliah di PT, Kedua di Bangku SMU dan yang Ketiga di SMP. Hubungan ketiga anak dengan sesamanya sangat jarang dilakukan sehingga kurang harmonis. Demikian juga dengan seluruh anggota keluarga tersebut jarang sekali bertemu dan berkomunikasi seperti layaknya sebuah keluarga. Bagaimanakah kondisi keluarga tersebut yang mengalami kekacauan dalam keluarga. Jelaskan.
    17. Jelaskan 2 dasar Persekutuan hidup dan Kesatuan social antara masyarakat Desa dan Masyarakat Kota.
    18. Mengapa di Kota memiliki kemungkinan jumlah lapangan kerja yang lebih banyak jika dibandingkan dengan di Desa. Jelaskan.
    19. Salah satu fungsi Keluarga adalah Reproduksi, Bagaimanakah apabila ada sebuah keluarga yang tidak memiliki anak. Apakah keluarga tersebut dianggap gagal. Jelaskan.
    20. Sebutkan dan Jelaskan macam-macam hukum yang ada di Indonesia serta berikan contoh masing-masing.
  • GOODLUCK
Iklan