[9] BAB IX. MANAJEMEN PEMASARAN

  • 1. Dasman April 2010
  • MATERI POKOK BAHASAN :
  • MANAJEMEN  PEMASARAN ………………………………………………..
    1. Pengertian Marketing/ Pemasaran  …………………………………
    2. Manajemen Pemasaran …………………………………………………
    3. Penelitian Pasar ……………………………………………………………
  • BAB IX. MANAJEMEN PEMASARAN
  • 9.1. Pegertian Marketing/ Pemasaran
    • Menurut Robert Grade bahwa Marketing / pemasaran adalah pemenuhan kebutuhan dan keinginan melalui penjualan produk atau jasa. Sedangkan menurut Philip Kotler bahwa Pemasaran adalah suatu proses social yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan mencitakan, menawarkan, dan secara bebas memeruntukkan  produk yang bernilai dengan pihak lain.
    • Michael Muckian dalam One – Day MBA bidang pemasaran , mengutip pernyataan Sergio Zyman, mengatakan satu-satunya tujuan pemasaran adalah menjual lebih banyak kepada lebih banyak orang, lebih sering, dan dengan harga yang lebih tinggi. Tidak ada alasan lain untuk  melakukannya. Setelah di kaji lebih lanjut pernyataan tersaebut, sebenarnya tetap saja dalam mencapai penjualan yang lebih banyak kepada lebih banyak orang, lebih sering, dan dengan harga yang lebih tinggi, untuk mencapai tujuan tersebut cara dan metode yang di pikirkan.
    • Pemasaran adalah bagaimana kita dapat menjual suatu barang atau jasa dengan pemuasan kebutuhan konsumen.
    • Pemasaran = pemuasan kebutuhan
    • Satu-satunya tujuan pemasaran adalah :menjual lebih banya kepada lebih banyak orang, lebih sering, dan dengan harga yang lebih tinggi. Tidak ada alasan lain untuk melakukannya.
  • 9.2.  Manajemen Pemasaran
    • Rangkaian Proses Yang Dimulai Dari Planing, Organizing, Actuating,Controling, Evaluating Untuk Melakukan Penjualan Dan Memperoleh Profit Melalui Customer Satisfaction.
    • Menurut Stanton (1993) dalam iklim ekonomi seperti apapun, pertimbangan-pertimbangan pemasaran tetap merupakan faktor yang sangat menentukan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, karena hidup mati suatu perusahaan sangat tergantung dari pasar. Bila pasar mereka sukses maka sangat besar kemungkinan usaha mereka juga sukses, dan juga sebaliknya, bila produk mereka gagal dipasaran, maka usaha merekapun hampir pasti juga gagal.
    • Manajemen Pemasaran adalah Merupakan bagian manajemen yang diterapkan secara strategis dalam perencanaan, pengaturan, dan pengawasan dengan motivasi untuk mencapai keuntungan dengan jalan mendistribusikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik berupa barang atau jasa .
    • Implementasi dari definisi tersebut :
      1. Manajemen yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan kontrol
      2. Mempunyai kegiatan pertukaran antara pembeli dan penjual
      3. Adanya pendistribusian
    • Definisi Manajemen Pemasaran Mengandung Arti
      1. Adanya kegiatan Manusia
      2. Untuk memperlancar dan menyempurnakan pertukaran,
      3. Jenis barang yang ditukar  dan
      4. Adanya pembeli dan penjual
  • (a) PENTINGNYA PEMASARAN..?
    1. Hidup mati dan Sukses gagal suatu usaha tergantung dari pasar dan cara memasarkan.
    2. Konsep Pemasaran > Profit >Kepuasan Pelangan
    3. Konsep Penjualan > Profit > Penjualan Maksimal
    4. Menurut Hermawan Kertajaya bahwa Elemen – Elemen Pemasaran antara lain :
      1. Marketing Mix        F.   Segmentation
      2. Selling                       G.  Positioning
      3. Service                      H.  Targeting
      4. Process                      I.  Differentiation
      5. Brand
  • (b) Pemasaran Efektif Dan Efisien
    • Target dari Pemasaran yang efektif dan Efisien adalah Mengantarkan Barang Dan Jasa Yang Tepat.
      1. Kepada orang yang tepat
      2. Di tempat yang tepat
      3. Pada waktu yang tepat
      4. Dengan harga yang tepat
      5. Dengan promosi yang tepat
      6. Dan komunikasi yang tepat
  • (c) Mana Yang Pas Dengan Usaha Kita ..?
    • WANT / Keinginan?.
      1. Kita ingin membantu masyarakat dengan memberikan bantuan modal yang saling menguntungkan
      2. Kita ingin memberi pelayanan yang lebih baik
      3. Kita ingin membina hubungan yang berkesinambungan
      4. Kita ingin menjaga kelangsungan hidup perusahaan demi masa depan generasi yang akan datang
    • NEED ?
      1. Kita butuh pelanggan potensial
      2. Kita butuh kepercayaan
      3. Kita butuh kesetiaan
      4. Kita butuh tenaga yang handal dengan loyalitas tinggi
  • (d) Beberapa Tahap Pemasaran Ditinjau Perkembangan Ekonomi
    1. Tahap Swadaya Ekonomi (The Stage of Economic Self Sufficient)
    2. Tahap Kepemilikan Bersama yang Primitif (The Stage of Primitive Communism)
    3. Tahap Barter yang Sederhana (The Stage of Simple Barter)
    4. Tahap Pasar Lokal (The Stage of Local Markets)
    5. Tahap Ekonomi Uang (The Stage of Money Economic)
    6. Tahap Kapitalisme Muda (The Stage of Early Capitalism)
    7. Tahap Produksi Massa (The Stage of Mass Production)
    8. Tahap Masyarakat Makmur
  • (e) Pendekatan Dalam Pemasaran
    1. Pendekatan Barang
    2. Pendekatan Fungsi
    3. Pendekatan Lembaga
    4. Pendekatan Manajemen
    5. Pendekatan Total
  • (f) Fungsi-Fungsi Dalam Pemasaran
    1. Fungsi Pembelian
    2. Fungsi Penjualan
    3. Fungsi Penyimpanan
    4. Fungsi Pengangkutan
    5. Fungsi Standarisasi
    6. Fungsi Informasi Pasar
  • Us-3
  • (j) Marketing Mix
    • Adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan untuk mencapai tujuan perusahaan atau suatu kombinasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam pemasaran barang atau jasa.
    • Variabel Marketing mix yang disampaikan Kotler, Boom dan Bitner yaitu 4P ditambah 3P (Price, Produk, Promotion, Place, People, Physical Evidence, dan Proces)
  • Untitled-1
    • Price/Harga
      • Biaya di tambah presentase tertentu untuk memperoleh keuntungan
      • Price adalah ekspresi nilai (kegunaan produk, kualitas, citra yang terbentuk melalui iklan dan promosi, ketersediaan produk, jaringan distribusi dan layanan yang menyertainya)
      • ROBERT GRADE P = Q + S     STRATEGY MR BOB
      • Harga / Price : mempunyai peran bagi masing-masing pihak, yaitu : Pembeli (konsumen) dan penjual (produsen)
        1. Bagi penjual harga merupakan pedoman yang digunakan untuk:
          1. menentukan nilai tukar dan hasil yang diperoleh,
          2. menentukan permintaan
          3. mempengaruhi posisi persaingan
          4. market share
          5. program pemasaran
        2. Bagi pihak pembeli merupakan dasar :
          1. Memperkirakan dalam memperoleh barang
          2. Menentukan pilihan
          3. Persaingan antar konsumen
      • Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan harga :
        1. Keadaan Ekonomi
        2. Permintaan dan Penawaran Barang
        3. Persaingan
        4. Target Penguasaan Pasar (Market Share)
        5. Biaya Produksi
        6. Kendali Pemerintah
      • Metode Penetapan Harga
        • (1) Metode Cost Pricing
          • Harga Jual = Biaya + Keuntungan  Atau
          • Harga Jual = Harga Pokok Penjualan + Keuntungan
          • Faktor yang paling dominan (naik/turun) dalam penetapan harga metode cost pricing adalah biaya.
        • (2) Metode Keseimbangan (Permintaan dan Penawaran)
          1. Yaitu suatu penetapan harga barang yang dijual berdasarkan atas situasi permintaan dan penawaran barang.
          2. Apabila jumlah barang banyak/tinggi sedangkan penawaran sedikit, maka harga barang akan tinggi/mahal
          3. Apabila jumlah barang sedikit/rendah sedangkan penawaran banyak, maka harga barang akan rendah/murah
            • Penetapan harga barang yang dijual berdasarkan atas perubahan permintaan dengan kriteria :
              1. Apabila permintaan tinggi/kuat, maka harga jual ditetapkan relatif tinggi/mahal
              2. Apabila permintaan rendah/lemah, maka harga jual ditetapkan relatif rendah/ murah
              3. Apabila kekuatan permintaan berbeda-beda, maka harga jual ditetapkan berbeda-beda (harga jual diskriminan)
            • Harga jual diskriminan terdiri dari beberapa jenis :
              1. Diskriminasi berdasarkan pembeli
              2. Diskriminasi berdasarkan barang
              3. Diskriminasi berdasarkan tempat atau daerah
              4. Diskriminasi berdasarkan waktu atau periode
        • (3) Metode Kondisi Pasar
          • Metode Kondisi Persaingan Pasar yaitu suatu metode penetapan harga barang yang dijual berdasarkan situasi tingkat persaingan.
          • Jadi persaingan rendahnya harga barang yang dijual, tergantung dari tingkatan persaingan yang terjadi
          • Cara yang dapat dilakukan adalah :
            1. Harga jual ditetapkan sama dengan pesaing
            2. Harga jual ditetapkan dibawah/lebih rendah pesaing
            3. Harga jual ditetapkan di atas pesaing
        • (4) Metode Kombinasi
          • Metode ini menggabungkan ketiga metode di atas.
          • Product (What ?, Who ?, When ? dan Where ?)
          • Promotion : MengenalkanMengingatkan dan Mempengaruhi)
          • Place.
            1. Terkait Penentuan Letak Usaha Dan Sasaran Pemasaran.
            2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tempat :
              1. Jarak tempuh (waktu)
              2. Sarana dan Prasarana Transportasi
              3. Fasilitas yang Tersedia
              4. Letak (Strategis)
            3. Dalam teori Pasar terkait dengan Tempat (Place) :
              1. Mendekati Konsumen
              2. Mendekati Bahan Baku
  • (k) Segmentasi, Targeting and Positioning (STP)
    1. Segmentasi : Mengelompokkan pasar kedalam suatu kelompok yang lebih kecil sesuai dengan daya beli, keinginan, lokasi geografis, perilaku pembelian, dan kebiasaan pembelian yang serupa
    2. Targeting : Menentukan Segmen yang mana yang menjadi tujuan pasar yang paling menguntungkan
    3. Positioning : Memposisikan diri dalam suatu pasar sasaran dengan menyesuaikan pada want dan need pasar.
  • (l) Produk atau dengan kata lain Barang
    • Jenis Barang yang dijual oleh perusahaan dapat dikelompokkan sbb :
    • (1) Menurut jenis dan tujuan : Barang Konsumsi dan Barang Industri
      1. Barang Industri  ———Non Pertanian
      2. Barang Konsumsi ——- Hasil Pertanian
      3. Barang konsumsi hasil pertanian mempunyai Ciri-Ciri :
        1. Spesifik
        2. Diproduksi Musiman
        3. Mudah Rusak
        4. Selalu segar atau primer
        5. Jumlahnya banyak tetapi nilainya sedikit
      4. Bagaimana Strateginya?.
        1. Hasil Pertanian   —————- Diolah   ———— Dipasarkan
        2. Kegiatan mengolah hasil Pertanian merupakan bagian dari Agro Industri
      5. Spesifikasi Pemasaran Produk Pertanian :
        1. Produk pertanian gampang rusak (Perishable)
        2. Dalam melakukan pembelian dan penjualan dihadapkan pada berbagai tingkat (Grade) barang.
        3. Memerlukan proses pengolahan
        4. Rasio biaya tetap dan biaya variabel secara langsung berpengaruh terhadap respon penawaran produsen.
    • (2) Menurut Sifat Barang
      1. Barang Mudah Rusak
      2. Barang Tahan Lama
    • (3) Menurut Tingkat Kepentingan
      • Barang Primer (Utama)
      • Barang Sekunder (Kedua)
    • (4) Menurut Hubungan Kejiwaan
      1. Barang fungsional
      2. Barang Prestise/Status
      3. Barang Kelompok Umur
      4. Barang Hedonis
      5. Barang Anxiety
    • (5) Jenis Kualitas barang
      1. Barang Kualitas Sangat Baik
      2. Barang Kualitas Baik
      3. Barang Kualitas Sedang atau Biasa
  • 9.3.  Penelitian Pasar
    1. Melakukan analisa pasar secara dini guna mengetahui kondisi permintaan dan penawaran
    2. Langkah = Mencari informasi yang berkaitan dengan pasar yang di tuju, kemudian menganalisa, membuat pemetaan dan menentukan tindakan yang di ambil
    3. Tujuan = Agar lebih tepat sasaran (efektif dan efisien)
    4. Sasaran = Keberhasilan (profit)
  • 3) Pot Bunga Unik dari Kaleng Bekas yang Dicat Warna-Warni untuk Taman Kreatifimages (4)

Tinggalkan komentar