[4] Pengantar Akuntansi

  • ak-1
  • Pengertian Akuntansi
    • Suatu proses yang meliputi pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan.
    • Kegiatan pencatatan dan penggolongan merupakan proses yang dilakukan secara rutin dan berulangkali setiap terjadi transaksi
  • Prinsip-prinsip Akuntansi
    1. Prinsip Entitas (Kesatuan Usaha)
      • Kejadian / kegiatan keuangan suatu usaha, tidak boleh dicampur dengan kesatuan usaha lain atau dengan pemiliknya, dan sebaliknya.
    2. Prinsip Objektifitas.
      • Catatan dan laporan akuntansi harus didasarkan pada data yang bisa dipercaya sebagai laporan yang menyajikan  informasi yang tepat dan berguna.
    3. Prinsip Cost (Biaya)
      • Harta atau jasa yang dibeli atau diperoleh harus dicatat atas dasar biaya yang sesungguhnya.
  •  Transaksi Keuangan
    • Kegiatan-kegiatan dalam perusahaan seperti menerima setoran dari pemilik, meminjam uang dari luar perusahaan, membeli gedung dan peralatan,  membeli bahan baku, membayar gaji, menjual barang dan lainnya, disebut sebagai transaksi keuangan.
  • ak-2
  • Hubungan Antara Harta dan Sumber Harta
  • HARTA =  KEWAJIBAN + MODAL
    1. Transaksi-transaksi perusahaan akan berpengaruh terhadap jumlah komponen-komponen tersebut, tetapi jumlah harta akan selalu sama dengan jumlah kewajiban dan modal.
    2. Hubungan ketiga komponen tersebut mencerminkan posisi keuangan perusahaan
  • Pengaruh Transaksi Keuangan  terhadap Laporan Keuangan
    1. Transaksi yang bersifat menambah modal akan berdampak pada penambahan kekayaan yang besarnya sama dengan penambahan modal tersebut. Demikian juga sebaliknya transaksi yang bersifat mengurangi modal akan berdampak pada pengurangan kekayaan yang besarnya sama dengan pengurangan
    2. Transaksi yg bersifat  menambah  kewajiban akan  berdampak pada penambahan kekayaan yg besarnya sama dengan penambahan  kewajiban tsb. Demikian juga sebaliknya transaksi yang bersifat mengurangi  kewajiban akan berdampak pada pengurangan kekayaan yang besarnya sama dengan pengurangan
    3. Transaksi yang bersifat merubah komponen kekayaan yang satu menjadi kekayaan lain tidak merubah nilai aktiva secara keseluruhan.
  • Mekanisme Debit-Kredit
    • Modifikasi persamaan akuntansi
    • HARTA =  KEWAJIBAN + MODAL + PENDAPATAN – BIAYA
    • HARTA + BIAYA =  KEWAJIBAN + MODAL + PENDAPATAN
      1. Rekening biaya mengikuti pola rekening aktiva, yaitu apabila bertambah dicatat di sebelah kiri (debit), dan apabila  berkurang dicatat di sebelah kanan (kredit).
      2. Rekening pendapatan mengikuti pola rekening kewajiban dan ekuitas, yaitu apabila bertambah dicatat di sebelah kanan (kredit) dan apabila berkurang dicatat sebelah kiri (debit).
  • ak-3
  • Proses Akuntansi
    1. Jurnal,
    2. Posting,
    3. Neraca Saldo,
    4. Ayat Penyesuaian,
    5. Laporan Keuangan Dan
    6. Ayat Penutup.
  • Jurnal
    • Jurnal merupakan kegiatan mencatat transaksi-transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan
  •  ak-4
  • Posting
    • Posting merupakan kegiatan setelah melakukan pencatatan adalah memindahkan pos-pos jurnal ke dalam masing-masing rekening  buku besar yang bersangkutan.
    • Kegiatan itu meliputi :
      1. Pemindahan setiap jumlah pada kolom debit dari jurnal ke sisi debit rekening buku besar yang bersangkutan.
      2. Pemindahan setiap jumlah pada kolom kredit dari jurnal ke sisi kredit rekening buku besar yang bersangkutan.
    • Pemindahanjumlah-jumlah di atas dilakukan menurut  urutan kronologis transaksi dalam jurnal.
  • ak-5
  • ak-6
  • Ayat Penyesuaian (Adjustment Entries)
    1. Ayat penyesuaian merupakan kegiatan menyesuaikan jumlah-jumlah yang ada pada Neraca Saldo yang belum selesai, sehingga jumlah-jumlah tersebut sesuai dengan keadaan yang sebenarnya pada akhir periode.
    2. Ayat penyesuaian tersebut dibuat dalam jurnal dan kemudian diposting pada rekening buku besar.
  • Jumlah-jumlah dalam Neraca Saldo yang perlu diperbaiki meliputi hal-hal berikut:
    1. Penghasilan yang masih harus diterima
    2. Biaya yang masih harus dibayar
    3. Penerimaan di muka
    4. Pembayaran di muka
    5. Kerugian Piutang
    6. Depresiasi (penyusutan)
    7. Persediaan barang dagangan
    8. Pembelian barang dagangan.
  • Laporan Keuangan  (Financial Statement)
    • Laporan keuangan yaitu kegiatan menyusun neraca (balance sheet), laporan rugi-laba (income statement), dan laporan sisa laba berdasarkan data-data dari neraca saldo yang telah disesuaikan.
    • Untuk menyusun Laporan keuangan dapat pula setelah disusun terlebih dahulu neraca lajur (work sheet) guna membantu  mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin timbul.
  • Neraca Lajur
    • Neraca lajur merupakan alat penguji kebenaran hasil pekerjaan melakukan penyesuaian
    • Langkah untuk menyusun neraca lajur adalah sebagai berikut :
      1. Mengisi Neraca Saldo.
      2. Mengisi kolom penyesuaian
      3. Mengisi kolom Neraca Saldo setelah
      4. Mengisi kolom Perhitungan Rugi-Laba dalam kolom Neraca
  • ak-7
  • Ayat Penutup (Closing Entries)
    • Ayat penutup, yaitu kegiatan menyusun pos-pos penutup, yaitu dgn memindahkan saldo-saldo rekening penghasilan, beban, dan prive ke rekening ikhtisar rugi-laba; dan memindahkan saldo laba rugi ke rekening modal.
    • Ayat penutup ini dibuat dalam jurnal dan kemudian diposting dalam rekening buku besar yang bersangkutan.
  • UMKM-18