FaPerta UNISKA

  • Selamat Datang di Fakultas Pertanian UNISKA Kediri
  • Oleh : Ir. Rohmad, MMA
  • Kampus-1
  • Profil : Ir. Rohmad, MMA (Dekan FaPerta Periode 2004-2012)
  • FoTo JasFoTo KKN 2011copy-rohmat-action1.jpgFoTo Batik-1FoTo Senat         
  • Sejarah, Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Fakultas Pertanian UNISKA Kediri
  • Selayang Pandang Fakultas Pertanian
    1. Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri lahir dan memulai aktivitas pendidikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri sendiri, yaitu pada Tahun 1983.
    2. Sesuai dengan amanat UUD 1945, maka Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri ingin ikut serta mencerdaskan bangsa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pembangunan dewasa ini. Dengan demikian Tujuan pelaksanaan pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri, adalah untuk menghasilkan cerdik cendekia (Ahli madya dan Sarjana) Pertanian yang ahli dibidangnya serta bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    3. Pada Tahun 1987 Jurusan Budidaya Pertanian Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri dengan mendapat pengakuan “Status Terdaftar” berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0216 D4/0/1987 tertanggal 3 Maret 1987. Sejalan dengan pengakuan tersebut, maka Fakultas Pertanian terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan baik dalam hal peningkatan kemampuan Tenaga Educatif (Pengajar/Dosen) maupun sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti Gedung Perkuliahan, Ruang Laboratorium dan Laboratorium Lapang (Lahan basah dan kering). Disamping itu juga terus dilakukan kerjasama dengan Instansi Pemerintah dan Swasta di Lingkungan Kota Kediri sehingga semakin meningkat kualitas dan kuantitas kelulusan mahasiswanya.
    4. Upaya peningkatan Status terus diupayakan, sehingga dari hasil jerih payah tersebut, pada Tahun 1983 Program Studi Agronomi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas   Pertanian   Universitas  Islam  Kadiri ( U N I S K A ) Kediri mendapat pengakuan “Status Diakui” berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 624/DIKTI/ Kep/1993. Dengan berubahnya Penilaian Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka sampai tahun 2003 Program Studi Agronomi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian mendapat pengakuan Terakreditasi  dengan Nilai B melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 0009/BAN-PT/Ak.VI/S1/V/ 2003 Tanggal 22 Mei 2003. Status Terkareditasi B membawa konskuensi bahwa Program Studi Agronomi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran secara Mandiri tanpa harus mengadakan Ujian Negara yang dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah VII Surabaya dan Perguruan Tinggi Negeri Pembina. Kemudian pada Tahun 2010 dan 2015 mendapat pengakuan Terakreditasi  dengan Nilai B
    5. Perkembangan selanjutnya, dalam menjawab tantangan dan keperluan akan tenaga kerja yang diperlukan untuk Pembangunan bidang Pertanian khususnya Sub Sektor Peternakan, maka pada Tahun 1994 Fakultas Pertanian membuka Program Stara 1 Baru yaitu Jurusan Peternakan Program Studi Produksi Ternak, Pada Tahun 1995 Jurusan Peternakan mendapat Pengakuan “Status Terdaftar”  berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI Depdikbud No. 47/DIKTI/Kep./1995 Tanggal 23 Februari 1995. Dengan berubahnya Penilaian Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka pada tahun 2006 Jurusan Peternakan Program Studi Produksi Ternak Fakultas Pertanian mendapat pengakuan Terakreditasi  dengan Nilai C melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 018/BAN-PT/Ak.X/S1/XI/ 2006 Tanggal 2 Nopember 2006.Kemudian pada Tahun 2010 mendapat pengakuan Terakreditasi  dengan Nilai C
    6. Melihat situasi yang senantiasa berubah khususnya bidang Pertanian yang mengarah kepada Sektor Industri Pertanian, maka pada Tahun 2001 Fakultas Pertanian membuka Program Baru yaitu Diploma III Agro Industri Pertanian melalui Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen DIKTI Depdiknas No. 2561/D/T/2001 Tanggal 2 Agustus 2001. Dengan adanya Aturan baru tentang perubahan nama Jurusan dan Program Studi dilingkungan Fakultas Pertanian di Indonesia, maka sejak Tahun 2010 nama Jurusan Budidaya Pertanian Program studi Agronomi dirubah menjadi Jurusan Agroteknologi Program Studi Agroteknologi. Dengan demikian Fakultas Pertanian memilki 3 Jurusan dan 3 Program Studi yaitu :
      1. Agroteknologi Program Studi Agroteknologi (S-1)
      2. Peternakan Program Studi Produksi Ternak (S-1)
      3. Agro Industri Pertanian Program Studi Agro Industri (D-III)
    7. Adapun yang pernah menjadi Dekan di Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri adalah :
      1. Mochammad Siswanto  (Tahun 1983 – 1991)
      2. Fariani Kusdarwati  (Tahun 1991 – 1997)
      3. Mochamad Darul Anwar  (Tahun 1997 – 2004)
      4. R o h m a d     (Tahun 2004 – 2012)
      5. Supriyono (Tahun 2012 – 2016)
      6. Mochamad Darul Anwar  (Tahun 2016 – sekarang)
  • Visi
    • Menjadikan Fakultas Pertanian terkemuka pada tahun 2020 di kawasan regional dalam menyiapkan tenaga trampil dan ahli pertanian atau Peternakan yang berkualitas dan mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang berpedoman pada keimanan dan ketaqwaan serta memperhatikan nilai-nilai islami dalam penerapannya.
  • Misi
    • Menyelenggarakan pendidikan pertanian dan peternakan dengan mengutamakan kualitas lulusan yang mampu beradaptasi dengan  pertumbuhan dan perkembangan teknologi di masyarakat sehingga memiliki daya saing dan kemanfaatan dalam perkembangan pembangunan masyarakat pertanian dan peternakan, yang berpedoman pada keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT.
  • Tujuan
    1. Menguasai dasar – dasar ilmiah di bidang ilmu Pertanian-Peternakan dan penerapanya serta mampu mengikuti perkembangan kemajuan Teknologi
    2. Menghasilkan Ahli Madya dan Sarjana pertanian – peternakan yang profesional, inovatif, produktif dan mandiri serta menciptakan Lapangan pekerjaan di bidang pertanian – peternakan yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaaan sehingga dapat bermanfaat bagi  Nusa, Bangsa dan Agama.
    3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan Teknologi di bidang Pertanian Peternakan yang berwawasan lingkungan dengan tetap menjaga keseimbangan alam sesuai dengan tuntunan Agama Islam.
    4. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian – peternakan kepada masyarakat sesuai tuntunan Agama Islam guna menunjang terlaksana dan berhasilnya pembangunan pertanian – peternakan secara Nasional.
  • Sasaran 
    • Secara umum yang menjadi sasaran Fakultas Pertanian yaitu menghasilkan Ahli Madya dan Sarjana Pertanian – Peternakan yang berakhlak, berkualitas dan berkemampuan Akademik, Personal, Profesional dan Aktual dalam menyelesaikan persoalan-persoalan pertanian – peternakan di masyarakat.
  • Contoh Kegiatan Fakultas Pertanian
    1. TalkShow di Stasiun DHOHO TV Kota Kediri
    2. Yudisium Mahasiswa
    3. Fielp Trip dan Studi Lapang
    4. Kerjasama
    5. Kegiatan Penelitian
    6. Seminar dan Kerjasama Program Sarjana Membangun Desa (SMD) Tahun 2009
  • gb 1gb 2gb 3gb 4gb 5Seminar oleh Dirjen PeternakanSeminar oleh Dirjen Peternakan
  • Seminar oleh Dirjen Peternakan
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s