- Diktat Ilmu Ekonomi Umum (IEU)
- KATA PENGANTAR
- Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME atas terselesaikannya Diktat Kuliah Ilmu Ekonomi Umum (IEU). Diktat kuliah ini disusun berdasarkan konsep dan pustaka yang penulis pandang relevan untuk mengenalkan prinsip-prinsip teori ekonomi secara umum dan prinsip ekonomi bidang Peternakan.
- Tentu saja isi diktat ini sangat singkat, oleh karena itu membaca pustaka asli sangat dianjurkan bagi mahasiswa sehingga cakrawala berpikir dunia peternakan lebih luas dan mendalam.
- Secara tekhnis, materi kuliah tercakup dalam 13 pokok bahasan yang direncanakan selesai dalam 15 kali kuliah tatap muka di kelas, 6 kali tugas terstruktur Individu, 6 kali Tugas Instruktur Kelompok, 2 kali Tugas Presentasi Kelompok, 1 kali ujian tengah semester, dan 1 kali ujian akhir semester.
- Evaluasi akhir merupakan nilai kumulatif dari Absensi Kehadiran Tatap Muka, nilai tugas tersruktur dan Presentasi (30%), nilai ujian tengah semester (30%), dan nilai ujian akhir semester (40%).
- Penulis mengharapkan diktat ini dapat dipandang sebagai upaya agar mahasiswa lebih mudah untuk menjadi tahu, mau, dan akhirnya mampu menyelesaikan persoalan-persoalan dalam lingkup ilmu ekonomi produksi bidang peternakan.
- Kediri
- Ir. Rohmad, MMA
- PERNYATAAN
- Materi kuliah yang ada di dalam diktat kuliah Ilmu Ekonomi Umum ini diambil dari berbagai sumber. Oleh karena itu jika ada yang memiliki copyright itu adalah hak dari masing-masing pemiliknya. Naskah Diktat Kuliah Ilmu Ekonomi Umum ini hanya dipakai untuk tujuan pembelajaran dilingkungan sendiri dan kalangan terbatas Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri Kediri. Tidak dipergunakan untuk tujuan lainnya.
- DAFTAR ISI
- KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………………………..
- DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………………………….
- BAB I. PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………….
- 1.1. Latar belakang ……………………………………………………………………………………………….
- 1.2. Permasalahan dalam Ilmu Ekonomi ………………………………………………………………..
- 1.3. Agribisnis – Agroindustri Peternakan ………………………………………………………………
- 1.4. Pendekatan Pemecahan Masalah IEU ……………………………………………………………….
- BAB II. ILMU EKONOMI …………………………………………………………………………………
- 2.1. Sejarah Ilmu Ekonomi …………………………………………………………………………………..
- 2.2. Pengertian Istilah Ilmu Ekonomi …………………………………………………………………..
- 2.3. Alasan dan Tujuan mempelajari Ilmu Ekonomi ………………………………………………
- 2.4. Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi ………………………………………………………………………
- 2.5. Kegiatan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro …………………………………………………
- BAB III. POLA USAHA PETERNAKAN ……………………………………………………………
- 3.1. Pengertian Istilah Usaha Tani dan Usaha Peternakan…………………………………………
- 3.2. Karakteristik Peternakan ………………………………………………………………………………..
- 3.3. Tujuan Mempelajari Pengetahuan Usaha Tani & USPET …………………………………..
- 3.4. Ruang Lingkup Usaha Peternakan ………………………………………………………………….
- 3.5. Jenis-Jenis Usaha Peternakan di Indonesia …………………………………………………….
- 3.6. Pengertian Istilah Manajemen dan Manajemen USPET ……………………………………..
- 3.7. Tujuan Mempelajari Manajemen Usaha Peternakan…………………………………………..
- 3.8. Ruang Lingkup Manajemen Usaha Peternakan …………………………………………………
- 3.9. Fungsi Manajemen Usaha Peternakan………………………………………………………………
- 3.10.Pengertian Pembangunan Peternakan………………………………………………………………
- 3.11.Ruang Lingkup Pembangunan Peternakan ………………………………………………………..
- BAB IV. MANAJEMEN ……………………………………………………………………………………..
- 4.1. Peranan dan Arti Manajemen …………………………………………………………………………..
- 4.2. Fungsi dan Proses Manajemen ………………………………………………………………………..
- 4.3. Manajemen dan Kepemimpinan ……………………………………………………………………..
- 4.4. Proses Analisis dan Sintesis dalam Manajemen…………………………………………………
- 4.5. Ciri-ciri Manajemen yang Profesional ………………………………………………………………
- 4.6. Ketrampilan Manajemen yang dibutuhkan ……………………………………………………….
- BAB V. SISTEM EKONOMI DAN ORGANISASI BISNIS …………………………………
- 5.1. Sistem ekonomi……………………………………………………………………………………………….
- 5.2. Organisasi Bisnis ……………………………………………………………………………………………
- BAB VI. PRODUKSI..…………………………………………………………………………………………
- 6.1. Pengertian Istilah Produksi ……………………………………………………………………………..
- 6.2. Ruang Lingkup Ekonomi Produksi Bidang Peternakan ………………………………………
- 6.3. Konsep dan Hukum Ekonomi Produksi ……………………………………………………………
- 6.4. Faktor-Faktor Produksi …………………………………………………………………………………..
- 6.5. Fungsi Produksi ……………………………………………………………………………………………..
- 6.6. Biaya Produksi ……………………………………………………………………………………………….
- BAB VII. PERILAKU KONSUMEN.…………………………………………………………………..
- 7.1. Pengertian dan Asumsi-asumsi ………………………………………………………………………..
- 7.2. Model Perilaku Konsumen ………………………………………………………………………………
- 7.3. Teori Perilaku Konsumen-Pendekatan Teori Nilai Guna……………………………………..
- 7.4. T. Perilaku Konsumen-Pendekatan Kurva Kepuasan Sama…………………………………
- BAB VIII. PERMINTAAN DAN PENAWARAN…………………………………………………
- 8.1. Permintaan Barang dan Jasa ……………………………………………………………………………
- 8.2. Penawaran Barang dan Jasa…………………………………………………………………………….
- 8.3. Harga Pasar …………………………………………………………………………………………………..
- 8.4. Elastisitas ………………………………………………………………………………………………………
- BAB IX.PASAR …………………………………………………………………………………………………..
- 9.1. Struktur Pasar ………………………………………………………………………………………………..
- 9.2. Pengertian dan Fungsi Pemasaran …………………………………………………………………..
- 9.3. Bentuk-Bentuk Persaingan ……………………………………………………………………………..
- 9.4. Jenis-Jenis Pasar ……………………………………………………………………………………………
- 9.5. Pengertian Lain dari Pemasaran ………………………………………………………………………
- 9.6. Manajemen Pemasaran …………………………………………………………………………………..
- 9.7. Strategi Perusahaan (Pemasaran Strategis)……………………………………………………….
- 9.8. Pasar dan Orientasi Pasar ……………………………………………………………………………….
- 9.9. Potensi Pasar/Kesempatan Pasar……………………………………………………………………..
- 9.10.Sasaran Pasar ………………………………………………………………………………………………..
- 9.11.Bauran Pemasaran…………………………………………………………………………………………..
- BAB X. EKONOMI MAKRO ………………………………………………………………………………
- 10.1. Peranan Pemerintah dalam Kegiatan Ekonomi………………………………………………….
- 10.2. Kegiatan Ekonomi Nasional…………………………………………………………………………….
- 10.3. Keseimbangan Pendapatan Nasional ……………………………………………………………….
- 10.4. Uang …………………………………………………………………………………………………………….
- 10.5. Ekonomi Internasional …………………………………………………………………………………..
- BAB XI. PEDOMAN PENYUSUNAN STUDI KELAYAKAN USAHA ……………….
- BAB XII. PENUTUP …………………………………………………………………………………………..
- DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………………………….
- MATERI PENGAYAAN : BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN ……………..
Halaman
- (4) CONTOH TOT PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN
- [05] BAB V. DIHYBRID HEREDITY DAN TRIHYBRID HEREDITY
- [8] BAB VIII. PERMINTAAN DAN PENAWARAN
- Contoh Kuesioner Strategi Pemasaran Bakso
- [5] Analisis Laporan Keuangan
- [07] BAB VII. INTERAKSI GEN
- [02] BAB II. PEMBENTUKAN SEL KELAMIN
- Contoh Perjanjian dan Addendum Program Kemitraan Ayam Pedaging
- [09] BAB IX. RANGKAI KELAMIN DAN PENENTUAN JENIS KELAMIN
- [6] BAB VI. ORGANISASI
Mei 2024 S M S S R K J 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 Khusus Yang Punya Blog
Klik tertinggi
Saudara pengnjung yang ke
- 1.367.560 hits
-
Bergabung dengan 45 pelanggan lain
-
Tulisan Terakhir
- Contoh Kuesioner Strategi Pemasaran Bakso April 15, 2016
- SOP (Standart Operating Prosedure) April 15, 2016
- Contoh Kuisioner Analisis Produktivitas Ayam Pedaging Pola Kemitraan April 11, 2016
- Contoh Perjanjian dan Addendum Program Kemitraan Ayam Pedaging April 11, 2016
- Panduan Singkat Budidaya Ternak Sapi Potong April 10, 2016
- Praktek Potong Kuku & Cukur Bulu Ternak Domba April 10, 2016
- Pengurusan Ijin Mendirikan Usaha ? April 9, 2016
- Panduan Singkat Budidaya Ternak Domba April 3, 2016
- Rukun Kematian Maret 28, 2016
- PANDUAN UMUM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU 2015 Agustus 11, 2015
Arsip
The goog photo
Ping balik: Ekonomi Umum | BERITA TEKNOLOGI TERBARU