[13] BAB XIII. PENUTUP

  • 4. Genetika Maret 2013
  • Gen-4
  • Gen-5
  • Gen-6
  • 12.2. Penutup
  • Sebagai penutup diktat kuliah ini, perlu ditegaskan bahwa :
    1. Mata Kuliah Genetika Ternak merupakan mata kuliah Teori dan Praktek yang menyedia kan prinsip-prinsip dasar dalam Pemuliaan Ternak. Sedangkan dalam Praktek lebih banyak menganalisa data-data hasil penelitian Pemuliaan Ternak.
    2. Dalam belajar Genetika Ternak, setiap bab selalu berhubungan satu dengan yang lain sebagai satu kesatuan yang utuh. Pembagian dalam bab-bab diperlukan untuk mempertajam suatu analisis.
    3. Kesempatan bertanya dan berdiskusi kepada pengampu pada setiap acara perlu dimanfaatkan mahasiswa dengan sebesar-besarnya sehingga diperoleh manfaat pendalaman dan pengembangan pengetahuan Manajemen khususnya untuk Manajemen Pemuliaan Ternak.
    4. Nilai kemampuan akhir keahlian ditentukan dan diperoleh dimasyarakat. Oleh karena itu, gunakanlah waktu yang baik ini untuk belajar semaksimal mungkin.
  • Akhir kata, semoga Diktat Genetika Ternak ini bisa menjadi pegangan dan bahan kajian bagi mahasiswa Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri dan para peminat dan pemerhati bidang Genetika dan khususnya Genetika Ternak.
  • DAFTAR  PUSTAKA
    1. Amalliah I, Joelimar FA, Darwita RR, Biostatistik-Bahan Kuliah, 2001.
    2. Campbell NA, dkk. Biologi. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. 2000. 265-267.
    3. Ganong WF. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 20. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran. 2003. 515-518.
    4. Henuhili, Victoria dan Suratsih. 2003. Common Textbook Universitas Negeri Yogyakarta Pai, A.C. Dasar – dasar genetika. Ilmu untuk Masyarakat. Edisi kedua. McGraw-Hill, Inc. Alih Bahasa Dr. Muchidin Apandi, Msc, ITB. Penerbit Erlangga. Jakarta, 1987.
    5. KosterW & Boediono, Statistika dan Probabilitas – Teori dan Aplikasi, cet.2, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002
    6. Robert, J.A.F. Pengantar Genetika Kedokteran. Edisi delapan. Alih Bahasa Dr. Hartono, FK Univ –GAMA. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta, 1995.
    7. Suryo, Ir. Genetika Manusia. Gajah Mada University Press. Yogyakarta, 1990.
    8. Yatim, W. Genetika Untuk Mahasiswa. Edisi keempat. Penerbit Tarsito. Bandung, 1991
    9. Lamarck, J-B (2008). In Encyclopædia Britannica. Diambil dari Encyclopædia Britannica Online on 16 March 2008. Diperoleh dari “Error! Hyperlink reference not valid.Kategori: Biologi | Genetika
    10. http://grandmall10.files.wordpress.com/
    11. http://pustakaaji.50webs.com/
    12. http://id.wikipedia.org/wiki/Genetika
    13. http://www.itl.nist.gov/3. div898/handbook/eda/section3/eda35f.htm
    14. http://www.physics.csbsju.edu/stats/chisquare.html
    15. Stryer, L. 1988, Biochemistry, thrid edition. Stanford University, W.H. Freeman and Company, New York
    16. Wolf, L.S., 1993, Molecular and cellular Biology. California: Wardsworth Publishing Company
  • Peternakan Perkotaan-4petani-sukses
  • Kumpulan Umpan Balik ?
  • BAB I. PENDAHULUAN
    1. Jelaskan Pengertian tentang Genetika dan Manfaatnya bagi manusia dan dunia peternakan !.
    2. Jelaskan Teori Omne Vivum ex ovo, Omne ovum ex vivo dan Omne vivum ex vivo.
    3. Jelaskan Teori Continuity of germ plasm.
    4. Bidang kajian genetika dimulai dari wilayah subselular (molekular) hingga populasi. Secara lebih rinci, genetika berusaha menjelaskan 3 hal. Sebutkan 3 hal tersebut.
    5. Apa yang saudara ketahui tentang : Genotip, Fenotip, Kromosom, Gen dan Hybrid.
  • BAB II. SEL & PEMBENTUKAN SEL KELAMIN
    1. Jelaskan perbedaan sel tumbuhan denga sel hewan !.
    2. Jelaskan siklus pembelahan sel serta apa persamaan dan perbedaan pembelahan secara mitosis dan meiosis
    3. Gambarkan secara sekematis proses Oogenesis dan mengapa setiap proses Oogenesis hanya menghasilkan 1 sel telur saja !.
    4. Apa yang saudara ketahui tentang : Gametosis, Spermatocytogenesis, Spermiogenesis, Haploid dan Diploid serta mitokondria.
    5. Gambarkan dan jelaskan Struktur Sel Telur Ayam.
  • BAB III. KROMOSOM DAN GEN
    1. Jelaskan peranan dari bagian kromosom yaitu kromatid, kromomer, sentromer atau kinetokor, satelit, dan telomer.
    2. Kromosom manusia dibedakan atas 2 tipe : yaitu Autosom dan Gonosom (Sex Chromosome). Jelaskan pengertian di atas dan bagaimanakah keterkaitannya dengan penentuan jenis kelamin.
    3. Apakah jumlah kromosom suatu makhluk hidup berhubungan dengan derajat makhluk hidup itu. Misalnya : Jumlah kromosom kalkun 82 akan mempunyai derajat lebih tinggi dibandingkan dengan katak 26. Jelaskan !.
    4. Tuliskan nama latin dari beberapa nama makhluk hidup pada tabel jumlah kromosom di atas.
    5. Bagaimana keterkaitannya antara kromosom dengan gen. Jelaskan !.
    6. Sebutkan dan Jelaskan enzim-enzim dan Hormon-Hormon yang terdapat pada manusia, ternak ayam, ternak kambing dan ternak sapi baik (Laki-laki/Jantan atau Wanita/Betina)
    7. Pada Lalat buah (Drosophila melanogaster) memiliki 8 buah kromosom, yakni 6 buah autosom dan 2 buah kromosom seks (xx dan xy). Jelaskan proses gametogenesis pada lalat jantan dan lalat betina.
    8. Apa yang saudara ketahui tentang : alela ganda, polipeptida, protein, DNA dan RNA
    9. Apa yang saudara ketahui tentang : kromosom haploid, kromosom diploid, kromosom homolog, genotype homozigot dominan, genotype homozigot resesif dan genotype heterozigot.
    10. Coba jelaskan manfaat kromosom atau gen dalam dunia peternakan.
  • BAB IV.MONOHYBRID HEREDITY
    1. Apa perbedaan sifat kualitatif dengan sifat kuantitatif dalam ilmu genetika.
    2. Bagaimana hubungan antara Lingkungan dan Genetika dalam menciptakan sifat Fenotipe.
    3. Mengapa seorang anak kembar identik (dari 1 telur) apabila diasuh pada tempat yang berbeda akan memiliki FENOTIPE yang berbeda.
    4. Mengapa seorang anak adakalanya memiliki bentuk wajah dan Karakter seperti kedua orang tuanya, tetapi ada juga yang hanya salah satu dari kedua orang tuanya. Jelaskan.
    5. Bagaimanakah kemungkinan anak-anak yang dilahirkan dari seorang wanita normal dengan pria penderita Hemofili.
    6. Pada perkawinan dua jenis ayam (K dan L) yang masing-masing tahan penyakit, maka didapatkan 985 ayam tidak tahan penyakit dan 3128 tahan penyakit. Berdasarkan data di atas, maka menunjukkan persilangan yang bagaimana (Homozigot/Heterozigot). Jelaskan.
    7. Ada suatu garis hitam pada kucing yang mengandung gen warna bulu hitam dan putih. Jika kucing berbulu hitam dikawinkan dengan kucing berbulu putih maka semua keturunannya berbulu abu-abu. Bagaimana hasil keturunan F2 jika dilakukan perkawinan intersemating.
    8. Pada unggas Gen C akan menghasilkan creeper dalam keadaan Heterozigotik tetapi letal (mati) dalam keadaan Homozigotik. Gen untuk bulu keriting F dominan terhadap bulu yang lurus f. Pada perkawinan ayam Jantan Creeper berbulu keriting dengan betina creeper berbulu lurus menghasilkan keturunan 12 creeper berbulu keriting dan 6 normal berbulu keriting. Bagaimana genotype dari ayam-ayam yang dikawinkan tadi.
    9. Apa yang saudara ketahui tentang alela, Back cross dan Test cross, tetua dan Filial
    10. Albino atau bule disebabkan oleh gen autosomal resesif, maka bila ibu dan ayah keduanya berpigmen normal, mungkinkah memiliki anak yang albino. Jelaskan.
  • BAB V. DI & TRIHIBRYD HEREDITY
    1. Jelaskan pengertian Dihybrid dan Trihybrid Heredity dan apakah dasar dari penentuan jumlah gamet-gametnya.
    2. Berapakah banyaknya gamet dari Individu yang genotipenya AaBBCCDdEEFFGg. Jelaskan dengan salah satu cara model penentuan Gamet di atas.
    3. Apabila diketahui gen A bulu keriting dominan terhadap gen a berbulu lurus serta gen B bulu hitam dominan terhadap gen b berbulu putih, maka bagaimana genotype dan fenotipe dari contoh di bawah ini;
      1. Genotipe AABb, maka Fenotipenya adalah ………………………………………………
      2. Genotipe AaBB, maka Fenotipenya adalah ………………………………………………
      3. Genotipe aaBB, maka Fenotipenya adalah ………………………………………………
      4. Genotipe aaBb, maka Fenotipenya adalah ………………………………………………
      5. Genotipe AaBb, maka Fenotipenya adalah ………………………………………………
      6. Fenotipe Bulu Keriting Bulu Putih, maka Genotipenya adalah …………………………
      7. Fenotipe Bulu Keriting Bulu Hitam, maka Genotipenya adalah ………………………
      8. Fenotipe Bulu Lurus, Bulu Putih, maka Genotipenya adalah …………………………..
    4. Marmut Jantan yang berbulu hitam kasar disilangkan dengan betina berbulu putih halus. Keturunan yang dihasilkan menunjukkan perbandingan ¼ hitam halus, ¼ putih halus, ¼ hitam kasar serta ¼ putih kasar. Manakah yang menunjukkan kemungkinan fenotipe kedua induknya (Bulu kasar R dominan terhadap bulu halus r, serta bulu hitam B dominan terhadap bulu putih b). (Pilih salah satu dan beri penjelasan).
      1. BBrr dan BbRr    b. BbRR dan BbRr      c. BBRR dan bbrr       d. BbRr dan bbrr
    5. Untitled-1
    1. Mencit kelabu jika dikawinkan dengan albino menghasilkan F1 kelabu semua. Dari banyak keluarga dia temukan F2 terdiri dari 198 kelabu dan 72 putih. Buatlah diagram Genotipe P, F1 dan F2.
    2. Seorang wanita memiliki kelopak mata ptosis, sehingga matanya tak bias dibuka sempurna. Ayahnya ptosis tapi ibunya normal. Ibu ayahnya (Nenek dari ayah) juga normal.
      1. Carilah genotype wanita itu, jika symbol gennya Pp.
      2. Jika wanita itu kawin dengan pria normal, berapa bagian anak mereka yang ptosis?.
    3. Pada Mencit C menumbuhkan bulu berwarna, c tak berwarna (putih), maka buatlah genotype perkawinan antara :
      1. Berwarna murni x putih
      2. Berwarna hasil hybrid dengan putih
      3. Berwarna hasil hybrid kawin sesaudara.
    4. Satu P (Parental) bergenotype ffmm dan anak-anaknya terdiri dari 4 kelas, masing-masing berjumlah 26, 21, 28 dan 25. Genotipe P (Parental) satu lagi adalah …………
    5. Terangkan mengapa pada orang, jauh lebih mudah menemukan karakter dominan daripada karakter resesif dalam suatu silsilah keluarga.
    6. Pada unggas apabila factor untuk Rose comb (R) bergabung bersama dengan factor untuk pea comb (P) menimbulkan walnut comb. Apabila r bersama-sama dengan P menimbulkan sifat single comb. Maka carilah hasil persilangan dibawah ini :
      1. RrPp x RrPp                                D.    RrPp    x   Rrpp
      2. RRPp x rrPp                                E.    rrPp     x   Rrpp
      3. rrPP x RrPp                                 F.    Rrpp     x   Rrpp
    7. Pada persilangan ayam rose comb dengan ayam walnut comb menghasilkan anak 3/8 bagian walnut, 3/8 bagian rose, 1/8 bagian pea dan 1/8 bagian single. Bagaimanakah genotype kedua ayam tersebut.
    8. Seorang anak laki-laki hemofili menikah dengan seorang wanita normal. Anaknya yang perempuan kemudian dikawinkan dengan laki-laki hemofili dan menghasilkan 2 orang anak yaitu laki-laki dan perempuan yang masing-masing menderita hemofili. Carilah genotype di dalam individu-individu pada perkawinan ini ?.
    9. Pada perkawinan Drossophila antara lalat betina bermata putih dengan lalat jantan yang bermata merah, kemudian anaknya dikawinkan satu sama lain. Bagaimanakah hasil persilangan tsb.
    10. Seekor ayam jantan menghasilkan macam gamet CWF, cWF, CWf dalam jumlah yang sama. Bila saat pembuatan gamet terjadi proses berpasangan secara bebas, maka genotype ayam tersebut adalah ……… (Pilih salah satu)
      1. CcWwFf     b. ccWWFf      c. CcWwFF     d. CcWWFf     e. CCWwFF
  • BAB VI. GEN BERANGKAI
    1. Apa yang saudara ketahui dengan Crossing over dan apa factor penyebabnya.
    2. Diketahui, jarak antara gen P dan gen H adalah 8%. Gen P mengatur sayap panjang dan gen H mengatur tubuh warna hitam. Adapun gen h mengatur tubuh warna abu-abu dan gen p mengatur sayap pendek. Tentukan rasio fenotip hasil test cross genotip PpHh yang mengalami pindah silang. Tentukan pula nilai pendah silangnya.
    3. Kemungkinan segregasi dan rekombinasi gen-gen pada individu dihibrid AaBb yaitu Tidak berangkai, Cis dan Trans. Jelaskan.
    4. Apa yang saudara ketahui dengan istilah : Titik chiasma, Kombinasi Parental (KP), Kombinasi Rekombinan (KR), Kromosom Homolog dan Test Cross.
    5. Jelaskan secara singkat Proses Inferensi Kromosom, pengertian koefisien koinsidensi (KK) dan koefisien Inferensi (KI) !.
  • BAB VII. INTERAKSI GEN
    1. Penyilangan ayam Walnut (RrPP) dengan Rose (Rrpp) akan memberikan peluang munculnya ayam bilah sebesar … %. Jelaskan.
    2. Perkawinan Laki-laki “bisutuli” (BBtt) dengan perempuan “bisu tuli” (bbTT), maka Berapa Persen peluang munculnya anak normal (bisa berbicara dan bisa mendengar).
    3. Jelaskan Pengertian, Persamaan dan Perbedaan dari macam-macam Epistasis.
    4. Apabila diketahui Sapi Perah dengan Produksi Susu 8 Liter/ekor/hari dikawinkan dengan Sapi Perah Jantan yang memiliki Potensi Produksi Susu 12 liter/ekor/hari maka diperoleh F1 Sapi Perah Betina rata-rata 10 liter/ekor/hari. Berapakah Klasifikasi Produksi Susu Sapi Perah jika dilakukan Intersemating dan Berlaku Kurve Distribusi Normal.
    5. Bagaimanakah hasil perkawinan (F1 dan F2 hasil Intersemating F1) serta Buatlah Klasifikasi Fenotipenya antara orang berkulit hitam (Afrika) dengan orang berkulit putih (Eropa), bila diketahui Gen Hitam K1.K2 dan K3 sedangkan Gen Putih disimbolkan k1,k2 dan k3.
  • BAB VIII. PELUANG
    1. Berapakah kemungkinan seorang ibu melahirkan anak laki-laki?
    2. Berapa kemungkinan suatu keluarga memiliki 2 anak pertama laki-laki?
    3. Di-tos 2 uang logam bersama-sama, bagaimanakah kemungkinan mendapatkan 2 gambar atau 2 angka?
    4. Jika di tos 3 mata uang bersama-sama, berapakah kemungkinan mendapatkan 1gambar, 2 angka?
    5. Sebuah keluarga menginginkan memiliki 4 anak, berapa kemungkinan memiliki anak:
      1. Semua anak laki-laki
      2. 2 laki-laki, 2 perempuan
      3. 1 laki-laki, 3 perempuan
      4. Anak pertama laki-laki
    6. Sebuah percobaan pelemparan sebuah dadu dilakukan bersamaan dengan pengambilan satu huruf secara acak dari alphabet. Ada berapa titik sample dalam ruang sampelnya.
    7. Sebuah perusahaan Real estate menawarkan kepada calon pembeli 3 tipe rumah, 3 macam sistem pemanasan dan 2 bentuk garasi. Berapa rancangan rumah yang tersedia bagi calon pembeli.
    8. Peluang suami dan istri akan hidup 20 tahun lagi dari sekarang masing-masing adalah 0,8 dan 0,9. Hitunglah peluang dalam 20 tahun :
      1. keduanya masih hidup
      2. keduanya meninggal
      3. paling sedikit satu di antaranya masih hidup
    9. Sebuah kotak berisikan 5 kelereng berwarna Merah dan 4 kelereng berwarna Putih. Dua kelereng diambil secara berurutan tanpa pengembalian dan ternyata kelereng kedua berwarna putih. Berapakah peluang bahwa kelereng yang pertama juga berwarna putih.
    10. Dalam pelemparan dua buah dadu, hitunglah peluang munculnya angka 1 pada dadu pertama dan angka ganjil pada dadu kedua.
    11. Seseorang melakukan pelemparan sebuah mata uang dan sebuah dadu. Hitunglah peluang yang keluar adalah Ekor (pada mata uang) atau angka ganjil pada dadu.
    12. Dalam pembuatan sepatu, bagian atas, telapak dan hak sepatu dibuat secara terpisah dan kemudian dirakit secara acak untuk menjadi 1 sebuah sepatu (bukan sepasang). Dalam pembuatan bagian-bagian tersebut, 5% bagian atas, 4% bagian telapak dan 1% hak sepatu biasanya cacat, berapa persen pasang sepatu yang dibuat dalam keadaan baik dari pemasangan bagian-bagian tersebut?
    13. Statistik menunjukkan bahwa 47.773 dari 100.000 orang yang berusia 20 tahun, diantaranya hidup hingga usia 70. Berapakah peluang seseorang yang berusia 20 akan hidup hingga usia 70. Berapa pula peluang bahwa dia akan meninggal sebelum usia 70.
    14. Peluang seorang dokter mendiagnosa suatu penyakit secara benar adalah 0,7. Bila diketahui dokter dokter tersebut salah mendiagnosa, peluang pasien menuntut ke pengadilan adalah 0,9. Berapa peluang dokter tersebut salah mendiagnosa dan pasien menuntutnya.
    15. Apabila ada 6 orang yang dihalte bis, maka :
      1. Berapa macam susunan  antrian  yang  dapat  dibentuk bila 6 orang mengantri untuk naik bis
      2. Bila tiga orang tertentu bersikeras untuk saling berdekatan, berapa banyak antrian yang mungkin terjadi
      3. Bila dua orang tertentu tidak mau saling berdekatan, berapa banyak susunan antrian yang mungkin
    16. Tanaman berbatang tinggi (Tt) menyerbuk sendiri menghasilkan 60 biji, kemudian ditanam, hasilnya 40 tanaman batang tinggi dan 20 berbatang kerdil. Dari hasil tersebut apakah sudah sesuai dengan hukum Mendel?
    17. Tanaman dengan Genotipe AABBCCDD disilangkan dengan Genotipe aabbccdd untuk menghasilkan F1 dan kemudian F1 dibiarkan bersilang sendiri. Anggap saja masing-masing pasangan gen menentukan sifat yang berbeda. Alel dengan huruf Besar dominan penuh terhadap alel dengan huruf kecil dan masing-masing pasangan gen bebas sesamanya.
      1. Berapa proporsi tanaman F2 yang akan menampilkan fenotipe resesif untuk semua sifat dan juga Fenotipe dominan untuk semua sifat
      2. Berapa proporsi dari F2 yang secara genotype akan seperti F1.
    18. Pada “garden pea” warna kuning pada kotiledon dominan terhadap warna hijau. Berapakah peluang 5 biji hasil persilangan tetua heterozigot akan diperoleh :
      1. 6 biji kuning, 1 biji hijau ?
      2. 2 tanaman kuning, 4 tanaman hijau?
      3. Semua kuning
      4. Semua hijau.
    19. Diketahui gen p (warna merah) dominan parsial terhadap gen p (warna putih). Apabila heterozigot menghasilkan warna merah muda. Hitunglah besarnya peluang dari 10 biji tanaman hasil persilangan tetua heterozigot menampakkan :
      1. 3 warna kuning, 3 putih dan 4 merah muda
      2. 5 merah dan 5 putih
      3. Semua merah muda
      4. 2 merah, 4 putih, 4 merah muda
      5. 6 merah muda, 4 putih.
    20. Perkawinan antara tikus hitam dengan tikus putih, maka F1 diperoleh tikus berwarna hitam semua, kemudian F2 diperoleh tikus hitam dan putih dengan jumlah 84 tikus hitam dan 36 tikus putih. Ujilah apakah hasil tersebut masih sesuai dengan yang diharapkan.
      • Untitled-1
  • BAB IX. RANGKAI KELAMIN & PENENTUAN JENIS KELAMIN
    1. Apa yang saudara ketahui tentang kromosom sex dan autosom !
    2. Jenis kelamin bagi sesuatu organisme dapat ditentukan melalui berbagai faktor genetik atau lingkungan. Jelaskan Pernyataan tersebut.
    3. Ada 5 jenis kelamin dimiliki manusia,hewan dan tumbuhan yaitu: Laki-laki (Seorang memiliki kemaluan dan identitasnya laki-laki), Perempuan (Seorang memiliki kemaluan dan identitasya perempuan), Waria (Male to Female atau Transwoman) yaitu Seorang memiliki kemaluan laki-laki tetapi identitasnya seperti perempuan, Riawa (Female to Male atau Transman) yaitu Seorang memiliki kemaluan perempuan tetapi identitasnya seperti laki-laki dan Hermafrodit (Seorang memiliki kemaluan ganda tetapi identitasnya belum tentu disebut laki-laki atau perempuan). Jelaskan penyataan di atas berdasarkan hubungan antara X-Kromosom dan Autosomnya.
    4. Apabila diketahui Jumlah Kromosom : (a) Manusia = 46, Lalat Buah = 8, Ayam = 78 dan Belalang = 24. Maka Bagaimana Sistem Penentuan Jenis Kelaminnya serta Bagaimana Susunan Autosom dan Kromosom Sexnya.
    5. Gen buta warna & hemofilia pada manusia juga di sebabkan oleh gen resesif : tertaut sex ( kromosom X ). Bagaimana hasil Perkawinan ibu buta warna dengan ayah yang normal.
    6. Apabila ada Pernyataan Bahwa ternyata di dunia ini Jumlah Laki-Laki (Pria) lebih banyak dibandingkan dengan jumlah perempuan (wanita). Coba Jelaskan pernyataan tersebut kalau dikaitkan dengan Proses Penentuan Jenis Kelamin.
    7. Fenomena Macho (Maskulin) dan Feminin secara social sudah menjadi informasi dimasyarakat. Coba Jelaskan Fenomena tersebut.
    8. Pada Kromosom yang terpaut Kelamin, umumnya Wanita hanya sebagai Carrier sedang kan penderita umumnya banyak pada Pria. Jelaskan proses tersebut.
    9. Mengapa fenomena Banci umumnya bisa diketahui setelah Remaja dan tidak/sulit diketahui pada masa anak-anak.
    10. Jelaskan Teori Continuity of Germ plasm yang mendasari dalam penentuan Jenis Kelamin.
  • BAB X. MATERI GENETIK
    1. Mengapa DNA dan RNA itu dikatakan sebagai materi genetik?
    2. Jika DNA atau RNA rusak apa akibatnya
    3. Apa hubungan antara Gen, DNA dan Kromosom
    4. Perbedaan Gen dan DNA
    5. Kesalahan transkripsi oleh RNAt dapat menimbulkan kesalahan pembentukan protein, Sebab Pada Proses Transkripsi Urutan Kode Genetic Dari Dna Dibawa Oleh RNAt Ke Ribosom Tempat Terjadinya Pembentukan Asam Amino Yang Termasuk Kodon Stop Adalah UAA, UAG, dan UGA, Sedangkan Kodon Start Adalah AUG. Jelaskan Pernyataan tersebut.
    6. Jelaskan 3 Cakupan Bidang Genetika.
    7. Jelaskan Konsep terbaru tentang gen yang dianut hingga kini adalah satu gen – satu polipeptida.
    8. Apa perbedaan Basa Nitrogen Timin dan Purin serta perbedaannya pada molekul DNA dengan RNA.
    9. Bagaimana Hubungan Materi Genetik dengan Rekayasa genetika.
    10. Bagaimana proses Rekayasa Genetika khususnya dalam menciptakan Vaksin.
  • BAB XI. MUTASI
    1. Radiasi merupakan salah satu penyebab mutasi gen. Yang saya tanyakan, Apakah setiap kita berada di dalam zona radiasi seperti di lokasi reaktor nuklir di Fukushima maka akan pasti mengakibatkan mutasi gen? adakah cara agar korban mutasi gen dapat di sembuhkan?
    2. Apakah mutasi gen dapat terjadi pada setiap orang dan bagaimana cara mencegah terjadinnya resiko terkena mutasi gen ?.
    3. Mutasi gen yang diwariskan langsung kepada keturunannya jika terjadi pada gamet. tolong berikan penjelasannya !
    4. Jelaskan peranan mutasi gen dan rekombinasi gen terhadap mekanisme evolusi.?
    5. Mengapa mutasi somatik cenderung ke penyakit kanker?
    6. Ada berapa macamkah mutasi berdasarkan kejadiannya dan sebutkan bahan-bahan yang menyebabkannya?
    7. Apakah penyakit yang terjadi karena dampak mutasi bisa dicegah dan disembuhkan?.
    8. Dalam artikel diatas dijelaskan manusia memiliki 46 kromosom,apa yang akan terjadi jika kromosom pada seseorang kurang atau lebih dari 46 kromosom?
    9. Apakah kelebihan jumlah kromosom dapat diambil kromosom tersebut agar tidak terjadi kecacatan dalam tubuh kita?
    10. Apa perbedaan antara mutagen,mutagenesis,dan mutan? jelaskan!!
  • BAB XII. GENETIKA POPULASI
    1. Apa yang saudara ketahui tentang : Genetika populasi, Frekuensi Gen (alel), Frekuensi Genotipe, Frekuensi Fenotip dan Hukum Keseimbangan Hardy-Weinberg.
    2. Data dibawah ini untuk golongan darah M-N diperoleh dari desa penduduk asli di Papua dan Papua Barat
      • Kelompok                      Populasi          M               MN             N
      • Papua                                    86              53               29               4
      • Papua Barat                         278            78               61             139
      • Hitunglah frekuensi alel LM  dan  LN  untuk kedua kelompok tsb.
    3. Timbulnya albino (resesif) 0004 pada suatu populasi manusia.  Jika perkawinan terhadap sifat ini acak dalam populasi tsb,  Berapakah frekuensi alel resesif.
    4. Apabila diketahui Manusia yang memiliki alel dominan T dapat merasakan substansi Phenylthiocarbamide (PTC).  Dalam suatu populasi, frekuensi alel ini 0.4, berapakah kemungkinan orang  dapat mengecap rasa PTC yang homozigot?
    5. Dalam satu kelas terdiri dari 25 siswa, 14 siswa tak dapat merasakan rasa pahit PTC (tt).  11 siswa lainnya dapat merasakan PTC ini (genotip TT atau Tt).  Diantara 11 siswa yang dapat merasakan PTC,  berapa siswakah yang heterozigot?
    6. Suatu penyelidikan terhadap 108 orang kerdil akondroplastik memperlihatkan bahwa mereka menghasilkan 27 keturunan.Orang-orang kerdil ini memiliki 457 saudara kandung yang tidak kerdil dan menghasilkan 582 orang anak. Berapakah proporsi anak kerdil dan yang tidak kerdil.
    7. Dalam perjalanan ke suatu Kebun binatang, temanmu melihat seekor gorila dan berkata ’’Maksudmu kita adalah keturunan binatang itu?” Bagaimana Anda akan merespon ucapan ini tentang hubungan antara gorila dengan homosapiens?
    8. Seratus orang dari suatu kota kecil di Pennsylvania diuji golongan darah MN mereka.  Apakah populasi yang mereka perlihatkan dalam proporsi HARDY-WEINBERG?  Data genotip mereka MM, 41;  MN,38; dan NN, 21
    9. Kemampuan dominan untuk merasakan PTC berasal dari alel T. Di-antara 215 individu dari suatu populasi di Vancouver, 150 dapat mendeteksi rasa PTC dan 65 tidak dapat mendeteksi PTC.  Hitunglah frekuensi alel T dan t.  Apakah populasi itu dalam proporsi HARDY-WEINBERG.
    10. Misalkan 8% dari laki-laki di suatu daerah menderita buta warna merah-hijau, maka berapakah :
      1. Frekuensi perempuan yang menderita buta warna di daerah tersebut ?
      2. Frekuensi perempuan yang diduga normal di daerah tersebut ?
  • GOODLUCK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s