[11] BAB XI. Pengawasan dan Pengendalian Manajemen

  • 1. Dasman April 2010
  • MATERI POKOK BAHASAN :
    1. Pengertian Pengawasan……………………………….
    2. Konsep Pengendalian Manajemen ……………….
    3. Pengendalian Manajemen …………………………..
    4. Proses Pengendalian Manajemen…………………
    5. Tujuan dari Fungsi Pengawasan ………………….
  • BAB X. Pengawasan dan Pengendalian Manajemen
  • 10.1. Pengertian Pengawasan
    1. Pengawasan adalah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut.Controlling is the process of measuring performance and taking action to ensure desired results. (Schermerhorn,2002).
    2. Pengawasan adalah proses untuk memastikan bahwa segala aktifitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan . the process of ensuring that actual activities conform the planned activities. (Stoner, Freeman ,& Gilbert, 1995)
  • 10.2.  Konsep Pengendalian Manajemen
    • Pengendalian:  adalah proses untuk menjamin agar kegiatan mengarah ke tujuan yang diinginkan.
    • (a) Unsur Pengendalian:
      1. Detektor atau sensor
      2. Assesor atau penilai
      3. Efektor atau pengubah
      4. Jaringan Komunikasi
        • Contoh : Sopir Mobil
          1. Mata (sensor)
          2. Otak (assessor)
          3. Kaki (effector)
          4. Jaringan komunikasi dari indera —— otak —– anggota badan
    • (b) Manajemen
      • adalah Organisasi terdiri atas sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
      • Tujuan organisasi bisnis adalah memperoleh laba yang memuaskan serta Pimpinan organisasi adalah manajemen
        • Manajemen punya atasan dan bawahan
          1. Manajemen Senior menetapkan strategi untuk mencapai tujuan organisasi
          2. Proses pengendalian manajemen adalah kegiatan yang digunakan  oleh seluruh manajemen untuk menjamin bahwa anggota organisasi bawahan yang disupervisi  akan mengimplementasikan strategi yang ditetapkan
    • (c) Beda Pengendalian management dg pengendalian tubuh atau sopir
      1. Standar tidak tertentu (tetap) tetapi merupakan proses perencanaan
      2. Pengendalian management tidak otomatis
      3. Pengendalian Manajemen memerlukan koordinasi antar individu
      4. Hubungan antara tindakan yang diamati dengan perilaku yang diperlukan mungkin tidak jelas
      5. Pengendalian Manajemen banyak yang merupakan swakontrol
  • 10.3.  Pengendalian Manajemen
    • Adalah suatu proses yang digunakan untuk mempengaruhi para anggota organisasi agar menerapkan strategi organisasi.
      • Pengendalian manajemen merupakan:
        1. Aktivitas Pengendalian Manajemen
        2. Keselarasan Tujuan
        3. Salah satu alat implementasi Strategi, selain struktur organisasi, manajemen SDM, Budaya Menekankan aspek Keuangan dan Nonkeuangan
        4. Membantu Mengembangkan Strategi Baru
    • a. Batas Pengendalian Manajemen
      • Tiga aktivitas yang memerlukan perencanaan dan pengendalian: Strategy Formulation, Management Control dan Task Control
    • b. Beberapa Istilah Asing mengenai Pengawasan
      1. Controlling
      2. Evaluating
      3. Appraising
      4. Correcting
  • 10.4. Proses Pengendalian Manajemen
  • Dasman-47
    • Aktivitas Pengendalian Manajemen
      1. Perencanaan
      2. Koordinasi
      3. Komunikasi
      4. Evaluasi
      5. Pengambilan Keputusan
      6. Mempengaruhi orang untuk mengubah perilakunya
    • Masalah utama dalam PM adalah mendorong agar saat para anggota organisasi mencapai tujuannya sendiri,  dan pada saat yang sama mereka  secara otomatis membantu pencapaian tujuan organisasi (goal congruence)
  • 10.5.  Tujuan dari Fungsi Pengawasan
    1.  adaptasi lingkungan             3. meminimumkan biaya
    2. meminimalkan kegagalan    4. mengantisipasi kompleksitas dari organisasi
  • (a) Proses Pengawasan
  • Dasman-48
  • (b) Beberapa Gejala yang memerlukan Pengawasan
    1. Terjadi penurunan pendapatan atau profit, namun tidak begitu jelas faktor penyebabnya
    2. Penurunan kualitas pelayanan (teridentifikasi dari adanya keluhan pelanggan)
    3. Ketidakpuasan pegawai (teridentifikasi dari adanya keluhan pegawai, produktifitas kerja yang menurun, dan lain sebagainya)
    4. Berkurangnya kas perusahaan
    5. Banyaknya pegawai atau pekerja yang menganggur
    6. Tidak terorganisasinya setiap pekerjaan dengan baik
    7. Biaya yang melebihi anggaran
    8. Adanya penghamburan dan inefisiensi
  • (c) Pengawasan berdasarkan proses Kegiatan
  • Dasman-49
  • (d) Beberapa faktor yang terkait dengan Pengawasan dalam Bidang SDM
    1. Penerapan Employee Discipline System
    2. Adanya Career Path
    3. Pemahaman Manajer atas Motivasi, Kepuasan, serta Gaya Kepemimpinan yang diterapkan
  •  (e) Pengawasan di Bagian Informasi
    1. Penggunaan Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi
    2. Penerapan Sistem Informasi Manajemen
  • (f) Pengawasan di Bagian Keuangan
    1. Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis)
    2. Manajemen Kas (Cash Management)
    3. Pengelolaan Biaya (Cost Contr
  • (g) Pengawasan di Bagian Pemasaran
    1. Evaluasi atas Pasar Sasaran dan Pasar Potensial
    2. Survey atas Perilaku Konsumen dan berbagai Faktor yang terkait dengan Konsumen Evaluasi atas Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran yang dilakukan
  • (h) Pengawasan di Bagian Produksi/Operasi
    1. Evaluasi atas Plant Location
    2. Evaluasi atas Plant Lay-out
    3. Evaluasi atas Production Process and Schedule
    4. Evaluasi atas Product Distribution
  • (i) Mempertahankan (Memelihara) Fungsi Pengawasan
    1. Sistem pengawasan tradisional (traditional control system)
    2. sistem pengawasan yang berdasarkan komitmen (commitment-based control system).
  • G-3Wir-42

Tinggalkan komentar