- A. Definisi Kuesioner
- Langkah awal untuk menggali atau mengumpulkan data
- Kuesioner merupakan satu set pertanyaan yang secara logis berhubungan dengan masalah yang diteliti dan tiap pertanyaan memiliki jawaban-jawaban yang mempunyai makna dan tujuan.
- B. Manfaat Kuesioner
- Penyusunan kuesioner yang baik akan menjamin pengumpulan data yang lengkap dan benar
- Dapat memberikan hasil analisis yang cermat dan akurat.
- Dengan adanya kuesioner, pengamatan lapangan dan wawancara dapat dilakukan secara terarah dan efektif.
- C. Jenis Pertanyaan
- Pertanyaan tentang fakta
- Pertanyaan tentang pendapat (opini)
- Pertanyaan tentang persepsi diri
- C.1. Pertanyaan tentang Fakta
- Berisi pertanyaan-pertanyaan tentang fakta-fakta yang dikuasai oleh responden
- Termasuk juga pertanyaan klasifikasi:
- Pertanyaan tentang kelompok atau keterangan lain yang dikelompokkan :
- status perkawinan,
- jenis kelamin,
- jumlah keluarga dan lainnya
- C.2. Pertanyaan tentang pendapat (opini)
- Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mengetahui pendapat responden tentang keadaan atau situasi tertentu.
- Ada 2 Pendekatan / Cara yaitu :
- Mengukur seberapa besar (persentase) pendapat responden yang setuju atau tidak setuju terhadap sesuatu hal yang ditanyakan.
- Melihat seberapa besar yang setuju dan tidak setuju, dan mengukur kekuatan atau kecenderungan pendapat responden
- C.3. Pertanyaan tentang persepsi diri
- Menilai pendapat responden mengenai perilakunya sendiri dalam hubungannya dengan orang lain atau lingkungannya.
- Contoh :
- Jumlah atau frekuensi berkunjung responden kepada keluarganya dan bagaimana pengaruh kunjungan tersebut terhadap keluarga-keluarga lain.
- Bagaimana pandangan sesorang terhadap dirinya sendiri dalam hal mengadakan kegiatan-kegiatan sosial.
- D. Bentuk Pertanyaan
- PERTANYAAN BERSTRUKTUR (TERTUTUP)
- PERTANYAAN TAK BERSTRUKTUR (TERBUKA)
- D.1. Pertanyaan Berstruktur (tertutup)
- Pertanyaan berstruktur adalah pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa sehingga dibatasi dalam memberikan jawaban kepada beberapa alternatif saja atau kepada satu jawaban tertentu saja.
- Jawaban yang paling mudah adalah: “ya” atau “Tidak”.
- Keunggulan :
- Mudah ditabulasi dan dianalisis
- Terjamin berada dalam kerangka yang relevan dengan tujuan.
- Alternatif jawaban yang diberikan akan lebih memperjelas arti dari pertanyaan bagi Responden.
- Responden memberikan penilaian sendiri terhadap jawaban sehingga tidak lagi membutuhkan penilaian lebih jauh.
- Kelemahan :
- Mendorong responden untuk memberikan jawaban tertentu, padahal responden sendiri tidak mengetahui akan hal tersebut.
- Jawaban dapat menimbulkan bias, karena jawaban yang diinginkan tidak termasuk dalam alternatif jawaban yang ada.
- Menutup kemungkinan adanya jawaban lain yang lebih relevan.
- D.2. Pertanyaan Tak Berstruktur (Terbuka)
- Pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa sehingga jawaban dan cara pengungkapannya dapat bermacam-macam.
- Responden mempunyai kebebasan dalam menjawab pertanyaan terbuka.
- Dalam pertanyaan terbuka, responden tidak terikat kepada alternatif-alternatif jawaban tertentu.
- E. Hal yang perlu diperhatikan dalam Penyusunan Kuesioner
- Perkataan dan kalimat harus sederhana
- Bersifat khas
- Tidak mengandung arti lain
- Tidak menggunakan kata-kata yang samar artinya
- Menghindari pertanyaan yang mengandung sugesti
- Menghindari pertanyaan presumasi
- Menghindari pertanyaan yang terlalu pribadi.
- Menghindari pertanyaan yang memerlukan ingatan kuat.
- F. KUESIONER DALAM PENYUSUNAN STUDI KELAYAKAN
- Meliputi :
- Identitas Responden
- Profil Usaha
- Aspek-aspek dalam Studi Kelayakan :
- Aspek pasar dan pemasaran,
- Aspek teknis dan produksi,
- Sumber Pembiayaan Usaha,
- Aspek keuangan,
- Aspek lingkungan
- Aspek Manajemen
- Aspek sosial ekonomi, dan lainnya
- Hambatan, Cara Mengatasi dan Pendukung
- Meliputi :
- F.1. Identitas Responden
- Nama responden dan jabatan dalam usaha
- Jenis kelamin
- Umur/tgl lahir
- Jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungan
- Pendidikan :
- Usaha utama (pokok) yang dijalani
- Usaha lain yang dijalani (jenis usaha, jumlah asset dan pendapatan)
- Informasi asosiasi dan perkumpulan usaha Kemitraan usaha yang berjalan ( jenis kemitraan, perusahaan mitra, perjanjian kemitraan dan manfaat kemitraan)
- F.2. Profil Usaha
- Kapan berkembangnya usaha utama di wilayah sekitar.
- Kapan pengusaha memulai usaha utama.
- Izin-izin untuk melakukan usaha.
- Alasan untuk menggeluti usaha tersebut.
- Pengalaman usaha dan cara mendapatkan penga-laman usaha tersebut.
- Kedudukan usaha yang akan dikembangkan (usaha utama/pokok saudara atau sampingan).
- Tempat, ukuran, jumlah dan kapasitas usaha utama.
- Prospek usaha yang akan dikembangkan dan faktor-faktor yang mendukungnya (bahan baku dan pemasok, teknologi yang dimiliki, permintaan produk hasil produksi dan pendapatan yang diperoleh).
- Sumber dan jenis pembiayaan usaha (modal sendiri dan modal dari lembaga keuangan).
- Asosiasi/perkumpulan/wadah yang menaungi usaha.
- Kemitraan dengan usaha lain (jenis kemitraan yang dipilih, nama perusahaan mitra, kendala kemitraan).
- Biaya-biaya yang diperlukan untuk usaha (investasi dan modal kerja) dengan ukuran/ satuan dan nilai masing-masing ukuran.
- F.3. Aspek-aspek dalam Studi Kelayakan :
- F.3.A. Aspek Pasar dan Pemasaran
- Jumlah penjualan produk per bulan/tahun dan besarnya daya serap pasar
- Kemudahan menjual produk
- Sumber dan perkembangan informasi harga jual produk.
- Cara penjualan produk yg dilaksanakan dan alokasi masing-masing cara penjualan.
- Daerah/wilayah pemasaran produk yang ada dan wilayah potensial.
- Prosedur, cara pembayaran dan harga jual produk.
- Sasaran (tengkulak, pengumpul, pengecer, supermarket, dll) penjualan produk dan prosentase (alokasi masing-masing sasaran).
- Standar mutu produk (ukuran, berat, warna, bentuk, dll.) yang dihasilkan dan permintaan pasar.
- Promosi yang dilakukan.
- Jumlah dan potensi persaingan.
- Kebijakan penentuan harga produk.
- Faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya produk.
- Rantai tata niaga penjualan produk yang dihasilkan.
- Jenis konsumen/kelompok pembeli.
- Produk ikutan/sampingan yang dihasilkan.
- F.3.B. Aspek Teknis dan Produksi
- Persyaratan teknis yang harus dipenuhi.
- Teknologi produksi yang digunakan.
- Ketersediaan bahan baku, jumlah bahan baku yang dibutuhkan, sumber bahan baku, kelangsungan pengadaan bahan baku dan kendala pengadaannya.
- Syarat teknis (misal : ukuran, jumlah ekor/kg, jenis, dll) bahan baku yang dibutuhkan dan harganya.
- Proses produksi dan tahapan yang dikembangkan.
- Tahapan kritis dalam proses produksi yang mempengaruhi mutu produk.
- Kapasitas produksi, dan siklus produksi dari bahan baku sampai cara meningkatkan jumlah dan mutu produksi
- Pola, disain dan mutu produksi
- Tata letak peralatan dan mesin
- F.3.C. Sumber Pembiayaan Usaha
- Sumber dana untuk pembiayaan usaha (modal sendiri, pinjaman) saat ini dan rencana ke depan.
- Persyaratan yang diperlukan untuk pinjaman.
- Skim kredit yang diperoleh dari pihak lain (bank dan non bank) meliputi jumlah kredit, jenis kredit, tingkat suku bunga, jangka waktu, jenis agunan, angsuran kredit dan sisa pinjaman.
- F.3.D. Aspek Keuangan
- Ukuran, volume dan skala usaha yang ada dan pengembangannya.
- Biaya investasi yang dibutuhkan.
- Biaya-biaya operasional usaha yang dikeluarkan.
- Harga dan spesifikasi bahan baku.
- Harga produk, mutu dan jenis produk.
- Jumlah, kualifikasi dan biaya tenaga kerja tetap dan borongan; tenaga kerja langsung dan tidak langsung baik yang berasal dari keluarga ataupun luar keluarga.
- Penggunaan bahan-bahan penunjang (jenis, kapasitas dan harga satuan) dan biaya-biaya lainnya seperti PBB, retribusi, listrik, keamanan, BBM, dll.
- Produksi dan pendapatan yang meliputi :
- Produksi dan pendapatan
- Hasil sampingan setahun terakhir
- Peralatan dan fasilitas yang digunakan (jenis peralatan, jumlah, spesifikasi, umur ekonomis dan harga pembelian) dan harga atau biaya masing-masing.
- Pengeluaran untuk tenaga kerja/tahun.
- Modal kerja yang dibutuhkan.
- Jumlah biaya pengadaan bahan baku dan pembantu dalam proses produksi.
- Jenis pengeluaran lainnya yang rutin.
- Status kepemilikan lahan dan bangunan lainnya.
- F.3.E. Aspek Lingkungan
- Persepsi dan penilaian pengusaha terhadap kondisi lingkungan sekitar.
- Jenis limbah yang dihasilkan (padat, cair, gas dan bau).
- Dampak perubahan lingkungan yang ditimbulkan.
- Cara-cara dan upaya penanganan untuk menekan dan mencegah dampak yang ditimbulkan usaha.
- F.3.F. Aspek Manajemen
- Kegiatan-kegiatan utama usaha yang akan dikembangkan.
- Pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab (struktur organisasi).
- Jumlah, kualifikasi, dan balas jasa (upah) tenaga kerja.
- Kebijakan pengembangan SDM.
- F.3.G. Aspek Ekonomi dan Sosial
- Hasil dan sisa pendapatan yang diperoleh dari usaha.
- Perkembangan simpanan yang dimiliki dan instrumen yang digunakan untuk simpanan.
- Pembinaan usaha yang dilakukan (jenis pembinaan usaha dan yang melakukan pembinaaan usaha).
- Pendapatan non usaha dan pengeluaran keluarga setahun terakhir.
- F.4. Hambatan, cara mengatasi dan pendukung
- Kelompok usaha
- Pelayanan perusahaan/mitra
- Pelayanan bank
- Teknis produksi
- Pemasaran
- Sarana transportasi
- Energi (listrik/BBM, dll)
- Masyarakat sekitar lainnya
Halaman
- (4) CONTOH TOT PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN
- [8] BAB VIII. PERMINTAAN DAN PENAWARAN
- [05] BAB V. DIHYBRID HEREDITY DAN TRIHYBRID HEREDITY
- Contoh Kuesioner Strategi Pemasaran Bakso
- Contoh Perjanjian dan Addendum Program Kemitraan Ayam Pedaging
- [5] Analisis Laporan Keuangan
- [02] BAB II. PEMBENTUKAN SEL KELAMIN
- [07] BAB VII. INTERAKSI GEN
- [3] BAB III. SIKAP DAN KEPRIBADIAN ENTREPRENEURSHIP
- [13] BAB XIII. PENUTUP
Mei 2024 S M S S R K J 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 Khusus Yang Punya Blog
Klik tertinggi
Saudara pengnjung yang ke
- 1.367.566 hits
-
Bergabung dengan 45 pelanggan lain
-
Tulisan Terakhir
- Contoh Kuesioner Strategi Pemasaran Bakso April 15, 2016
- SOP (Standart Operating Prosedure) April 15, 2016
- Contoh Kuisioner Analisis Produktivitas Ayam Pedaging Pola Kemitraan April 11, 2016
- Contoh Perjanjian dan Addendum Program Kemitraan Ayam Pedaging April 11, 2016
- Panduan Singkat Budidaya Ternak Sapi Potong April 10, 2016
- Praktek Potong Kuku & Cukur Bulu Ternak Domba April 10, 2016
- Pengurusan Ijin Mendirikan Usaha ? April 9, 2016
- Panduan Singkat Budidaya Ternak Domba April 3, 2016
- Rukun Kematian Maret 28, 2016
- PANDUAN UMUM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU 2015 Agustus 11, 2015
Arsip
The goog photo